Sapta Pesona dok Pribadi
Anda
bergerak di bidang industri pariwisata? atau mahasiswa yang punya mata kuliah
pariwisata? Atau hanya sekedar browsing cari tahu saja? Atau apa saja boleh.
Wong belajar itu termasuk ibadah. Diharapkan anda wajib membaca artikel sampai
selesai kalau tahu ilmu wisata ini.
Latar
belakang untuk menggairahkan dan meningkatkan kepariwisataan nasional, serta
melibatkan dan kesadaran seluruh rakyat Indonesia terhadap arti pentingnya
pariwisata adalah sebab pada tanggal 3 April 1989 Kala Waktu Presiden Soeharto
mencanangkan Tahun Sadar Wisata.
Melalui
pencanangan itu maka disosialisasikanlah dan dibudidayakanlah nilai-nilai Sapta
Pesona kepada seluruh rakyat Indonesia. Simak Tujuh (sapta) pesona berikut.
Keamanan
Keamanan
adalah faktor penting untuk aktivitas berwisata, dalam arti terbebas dari
tindak kejahatan dan lingkungan yang membahayakan keselamatan jiwa. Terbayang
tidak apabila anda berwisata di Pulau lalu ada hewan buas yang siap mengintai
anda? Atau pergi berwisata didaerah yang rawan terjadi kriminalitas, seperti
copet, maling, rampok, begal atau yang lain. Pasti anda memikir dua kali untuk
berkunjung ke daerah tersebut.
Adanya
jaminan seperti sekuriti atau polisi wisata adalah hal prosedural yang umum
dilakukan bagi semua penyedia layanan wisata. Faktor keamanan adalah jaminan
utama. Apabila hal ini ada maka wisatawan memperoleh ketenangan dan kenyamanan
dimanapun mereka beraktivitas.
Ketertiban
Kondisi
suasana yang serba tertib dengan ditunjukan dengan kehidupan masyarakat dalam mendukung aktivitas pariwisata,
termasuk dalam hal good service
kepada wisatawan.
Adanya
antri yang tertib, lalu lintas jalan yang lancar, pelayanan tepat waktu adalah
dambaan semua orang. Wisatawan juga akan merasa betah bila ada norma-norma yang
dijunjung tinggi oleh masyarakat dan adanya sanksi bila melakukan pelanggaran adalah
hal yang wajib.
Kebersihan
Bersih
identik dengan sehat. Kebersihan dan kesehatan merupakan hal yang mutlak ada
dan diupayakan dilingkungan manapun wisata berada, seperti di hotel, restoran,
tempat rekreasi, jalan, toilet dan fasilitas umum lainya. Bayangkan saja bila
pelayanan makanannya kotor, ada tumpukan sampah dimana-mana, tong sampah tidak
ada pasti anda merasa jijik.
Hal
ini bermanfaat untuk meberikan rasa kesegaran jasmani dan rohani, pikiran yang
selalu jernih dan mendapat penghargaan positif bagi wisatawan. Wisatawan bisa
jadi merekomendasikan kalau pelayanan kebersihan di tempat rekreasi itu bagus
sehingga dapat menarik wisatawan lain untuk berkunjung.
Kesejukan
Kesejukan
berkaitan dengan suasana udara yang teduh, segar, nyaman dan tidak pengap.
Suasana tersebut dapat tercipta melalui tata ruang yang baik, sirkulasi udara
yang cukup, dan vegetasi yang tertata indah.
Selain
memang pelayanan udara yang bagus dari penyelanggara wisata di penginapan, atau
restoran. Sekedar menikmati udara pagi yang sejuk di pegunungan, atau melihat
sunrise atau sunset di pantai yang sepoi-sepoi anginya bisa jadi merupakan
motivasi berwisata untuk merelaksasi kepenatan sehari-hari wisatawan.
Keindahan
Keindahan
erat kaitanya dengan indra penglihatan (mata). Keindahan tata ruang, karya
seni, penampilan diri, prasarana, dan sarana wisata, serta dukungan taman akan
membuat wisatawan terpesona dan betah tinggal didaerah wisata.
Pernah
berkunjung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali? Disini merupakan
jantung pariwisata Internasionaldi Indonesia, dengan trafik wisatawan yang
tinggi tentu penyedia layanan bandara harus menampilkan keindahan. Contohnya
adanya ukiran-ukiran didinding, pahatan patung khas bali, gambar-gambar
wallpaper yang indah, penampilan petugas bandara yang rapi, taman yang bagus,
adalah contoh paket lengkap yang menjadi unggulan bandara disini. Kita bisa
mencontohnya.
Keramah-tamahan
Keramah-tamahan
masyarakat dan pelayanan terhadap wisatawan akan membuat wisatawan merasa
dihargai, diterima dan dihormati keberadaanya, sehingga tidak merasa canggung
dimanapun mereka beraktivitas.
Orang
Indonesia terkenal dari segi ramahnya bagi wisatawan asing. Bisa jadi ini
merupakan keunggulan dibanding negara lain untuk melakukan pelayanan wisata.
Pernah berkunjung ke kampung adat di Flores ? kesan pertama bila dilihat dari
tampilan fisiknya orang Timur memang menyeramkan, jangan salah mereka sangat
ramah dan hatinya terbuka bagi siapa
saja yang datang tidak kalah juga dengan orang Jawa. Mereka sangat care yang
dibalut dengan kearifan lokal, ini menjadi contoh keunggulan dari segi
keramahan.
Kenangan
Ini
penting. Kesan wisatawan selama beraktivitas berwisatanya akan menjadi kenangan
yang tak terlupakan ketika mereka kembali ke daerah asal atau negaranya.
Kesan-kesan tersebut diperoleh diperoleh melalui panca indera, bisa diabadikan
melalui video, foto, pembelian cinderamata khas unik, dan lain sebagainya.
Sekarang
ini lagi marak media sosial macam instagram, facebook, twitter, path, atau lain
sebagainya adalah contoh promosi yang tidak langsung bagi daerah itu. Atau kaos
kenangan I Love ...... adalah contoh media promosi yang seringkali memikat bagi
wisatawan lain untuk datang. Oleh sebab itu para pelaku usaha pariwisata dan
masyarakat luas harus memerhatikan ini, agar suatu saat wisatawan dapat
berkunjung kembali dan mengajak lebih banyak.
0 Response to "Pelajari 7 (Sapta) Pesona Sebelum Bergerak Bidang Pariwisata"
Post a Comment