Pelajari 7 (Sapta) Pesona Sebelum Bergerak Bidang Pariwisata

Sapta Pesona dok Pribadi

Anda bergerak di bidang industri pariwisata? atau mahasiswa yang punya mata kuliah pariwisata? Atau hanya sekedar browsing cari tahu saja? Atau apa saja boleh. Wong belajar itu termasuk ibadah. Diharapkan anda wajib membaca artikel sampai selesai kalau tahu ilmu wisata ini.

Latar belakang untuk menggairahkan dan meningkatkan kepariwisataan nasional, serta melibatkan dan kesadaran seluruh rakyat Indonesia terhadap arti pentingnya pariwisata adalah sebab pada tanggal 3 April 1989 Kala Waktu Presiden Soeharto mencanangkan Tahun Sadar Wisata

Melalui pencanangan itu maka disosialisasikanlah dan dibudidayakanlah nilai-nilai Sapta Pesona kepada seluruh rakyat Indonesia. Simak Tujuh (sapta) pesona berikut.

Keamanan                                              

Keamanan adalah faktor penting untuk aktivitas berwisata, dalam arti terbebas dari tindak kejahatan dan lingkungan yang membahayakan keselamatan jiwa. Terbayang tidak apabila anda berwisata di Pulau lalu ada hewan buas yang siap mengintai anda? Atau pergi berwisata didaerah yang rawan terjadi kriminalitas, seperti copet, maling, rampok, begal atau yang lain. Pasti anda memikir dua kali untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Adanya jaminan seperti sekuriti atau polisi wisata adalah hal prosedural yang umum dilakukan bagi semua penyedia layanan wisata. Faktor keamanan adalah jaminan utama. Apabila hal ini ada maka wisatawan memperoleh ketenangan dan kenyamanan dimanapun mereka beraktivitas.

Ketertiban

Kondisi suasana yang serba tertib dengan ditunjukan dengan kehidupan masyarakat  dalam mendukung aktivitas pariwisata, termasuk dalam hal good service kepada wisatawan.

Adanya antri yang tertib, lalu lintas jalan yang lancar, pelayanan tepat waktu adalah dambaan semua orang. Wisatawan juga akan merasa betah bila ada norma-norma yang dijunjung tinggi oleh masyarakat dan adanya sanksi bila melakukan pelanggaran adalah hal yang wajib.

Kebersihan

Bersih identik dengan sehat. Kebersihan dan kesehatan merupakan hal yang mutlak ada dan diupayakan dilingkungan manapun wisata berada, seperti di hotel, restoran, tempat rekreasi, jalan, toilet dan fasilitas umum lainya. Bayangkan saja bila pelayanan makanannya kotor, ada tumpukan sampah dimana-mana, tong sampah tidak ada pasti anda merasa jijik.

Hal ini bermanfaat untuk meberikan rasa kesegaran jasmani dan rohani, pikiran yang selalu jernih dan mendapat penghargaan positif bagi wisatawan. Wisatawan bisa jadi merekomendasikan kalau pelayanan kebersihan di tempat rekreasi itu bagus sehingga dapat menarik wisatawan lain untuk berkunjung.

Kesejukan

Kesejukan berkaitan dengan suasana udara yang teduh, segar, nyaman dan tidak pengap. Suasana tersebut dapat tercipta melalui tata ruang yang baik, sirkulasi udara yang cukup, dan vegetasi yang tertata indah.

Selain memang pelayanan udara yang bagus dari penyelanggara wisata di penginapan, atau restoran. Sekedar menikmati udara pagi yang sejuk di pegunungan, atau melihat sunrise atau sunset di pantai yang sepoi-sepoi anginya bisa jadi merupakan motivasi berwisata untuk merelaksasi kepenatan sehari-hari wisatawan.

Keindahan

Keindahan erat kaitanya dengan indra penglihatan (mata). Keindahan tata ruang, karya seni, penampilan diri, prasarana, dan sarana wisata, serta dukungan taman akan membuat wisatawan terpesona dan betah tinggal didaerah wisata.

Pernah berkunjung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali? Disini merupakan jantung pariwisata Internasionaldi Indonesia, dengan trafik wisatawan yang tinggi tentu penyedia layanan bandara harus menampilkan keindahan. Contohnya adanya ukiran-ukiran didinding, pahatan patung khas bali, gambar-gambar wallpaper yang indah, penampilan petugas bandara yang rapi, taman yang bagus, adalah contoh paket lengkap yang menjadi unggulan bandara disini. Kita bisa mencontohnya.

Keramah-tamahan

Keramah-tamahan masyarakat dan pelayanan terhadap wisatawan akan membuat wisatawan merasa dihargai, diterima dan dihormati keberadaanya, sehingga tidak merasa canggung dimanapun mereka beraktivitas.

Orang Indonesia terkenal dari segi ramahnya bagi wisatawan asing. Bisa jadi ini merupakan keunggulan dibanding negara lain untuk melakukan pelayanan wisata. Pernah berkunjung ke kampung adat di Flores ? kesan pertama bila dilihat dari tampilan fisiknya orang Timur memang menyeramkan, jangan salah mereka sangat ramah dan hatinya terbuka  bagi siapa saja yang datang tidak kalah juga dengan orang Jawa. Mereka sangat care yang dibalut dengan kearifan lokal, ini menjadi contoh keunggulan dari segi keramahan.

Kenangan

Ini penting. Kesan wisatawan selama beraktivitas berwisatanya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan ketika mereka kembali ke daerah asal atau negaranya. Kesan-kesan tersebut diperoleh diperoleh melalui panca indera, bisa diabadikan melalui video, foto, pembelian cinderamata khas unik, dan lain sebagainya.


Sekarang ini lagi marak media sosial macam instagram, facebook, twitter, path, atau lain sebagainya adalah contoh promosi yang tidak langsung bagi daerah itu. Atau kaos kenangan I Love ...... adalah contoh media promosi yang seringkali memikat bagi wisatawan lain untuk datang. Oleh sebab itu para pelaku usaha pariwisata dan masyarakat luas harus memerhatikan ini, agar suatu saat wisatawan dapat berkunjung kembali dan mengajak lebih banyak.

0 Response to "Pelajari 7 (Sapta) Pesona Sebelum Bergerak Bidang Pariwisata"

Post a Comment