4 Alternatif Kegiatan Perayaan 17 Agustus Bagi Anak Yang Bernilai Positif

Upacara 17 Agustus di Madrasah Aliyah Riung Pulau Flores Dok Pribadi

Bulan ini merupakan bulan Agustus dimana Negara Kesatuan Republik Indonesia mengadakan peringatan hari kemerdekaan Indoensia atau dikenal dengan istilah Inggrisnya Indonesian Independence Day.

Apasih tujuan perayaan Hari Kemerdekaan ini ? Untuk mendoakan para pahlawan yang memperjuangkan negara, mengenang pengorbanan para pahlawan, mencontoh kegigihan para pejuang dengan dalam mengusir penjajah, dan menjaga semangat Keutuhan Kegara Kesatuan Republik Indonesia. Ya itu semua ada dibenak anda mungkin.

Berbagai cara rakyat yang umum dilakukan setiap tahun seperti kerja bakti, lomba-lomba umum, upacara bendera, pentas seni, baca puisi, dan pawai/karnaval. Ya itu semua terlalu umum dilakukan. Mau tahu kegiatan alternatif untuk perayaan 17 Agustus?. Selama ini anak-anak belum tahu makna perayaan 17 Agustus yang sebenarnya. Anak-anak hanya tahu ikut lomba menang kemudian dapat hadiah. Panitia lomba pun biasanya sudah mengatur bagian agar semua bisa dapat hadiah. Maklum anak-anak tingkat cemburunya tinggi, apabila tidak dapat hadiah ya menangis. Pasti kamu juga pernah merasakannya sendiri. Iya tidak ?

Berbagai daftar kegiatan dibawah ini bisa kamu terapkan untuk mengadakan event di kampungmu. Daftar ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman saat ini bahkan ada deksripsi keluaran yang berisi pendidikan dan pemberian nilai positif.  

1. Sosialisasi Tentang Kebersihan Mandi, Sikat gigi, dan Cuci Tangan dengan Sabun.

Sosialisasi Sikat Gigi via www.antarafoto.com

Sepele bukan? Yap mudah sekali. Impactnya besar juga anak-anak dapat memahami tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan badan. Kegiatan bisa dilakukan di masyarakat ataupun disekolah-sekolah terutama pada usia SD.

Pada usia SD anak-anak cenderung memiliki jangka waktu yang lama untuk menyimpan pelajaran ini. Sehingga tercipta budaya yang sehat dan bersih.

Kegiatannya bisa juga dilakukan dengan peragaan/ demonstransi yang menarik, dengan media, ataupun kreatifitas dari masing-masing daerah.

2. Sepeda Hias Nan Sehat

Lomba Sepeda Hias via alwathaniyah.files.wordpress.com

Tiap anak di perkotaan maupun pedesaan sebagian besar punya sepeda. Hasilnya anak-anak menjadi tahu manfaat bersepeda (olahraga) dan desain seni kecil-kecilan. Siapa tahu besar nanti bisa jadi pembalap. Eh..

Kegiatannya bisa dengan pawai sepeda sehat, dengan jalur rute yang sudah ditentukan oleh penyelenggara. Ini juga bisa diperlombakan juga loh. Sepertinya menarik.

Sepeda dapat dihias menurut imajinasi anak-anak. Orang tua bisa mengontrol dan cukup membantu ringan saja. Biarkan para anak berkreasi secara maksimal.

3. Menanam Pohon

Anak Menanam Pohon via okezone.com

Semua orang pasti tahu manfaat pohon bagi kehidupan. Yaps.. Menghasilkan oksigen, mencegah banjir, mengurangi pemanasan global dan lain sebagainya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak tahu pentingnya kelestarian lingkungan terutama dari lingkungan yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Mengajarkan anak-anak menanam pohon pasti menyenangkan bagi anak. Jelaskan pula menanam pohon dapat membuat rumah jadi teduh dan menyimpan cadangan air. Jelaskan pula cara merawatnya tiap hari. Beri tanggal penanaman dan cek lah setiap hari.

4. Melukis Layangan dan Menulis Harapan

Anak Sedang Asyik Melukis Layangan via suaramerdeka.com

Cat air? Crayon? Pensil Warna? Spidol yang berwarna-warni adalah alat menyenangkan bagi anak untuk menyalurkan kreativitas. Karena buku gambar atau kanvas terlalu umum kita pilih medianya layang-layang. Kenapa? Bisa dipajang dan diterbangkan.

Layangan polos bisa disediakan oleh panitia. Layangan dibubuhi harapan atau cita-cita anak atau lukisan para pahlawan kalau bisa sih.. . Sehingga melalui ini anak-anak bisa termotivasi meraih cita-citanya. Dilombakan juga menarik lhoo.


Selamat Mencoba ! Wasalam..

0 Response to "4 Alternatif Kegiatan Perayaan 17 Agustus Bagi Anak Yang Bernilai Positif"

Post a Comment