Ini Deretan Fakta Tentang Sungai Progo

Sungai terkenal di Jawa tidak melulu Bengawan Solo saja. Sebagai orang asli Jawa Tengah maupun DIY pasti sudah kenal mengenai Sungai Progo. Sungai ini mempunyai panjang 140 Km. Punya kelak kelok yang variatif. Mengalir dari hulu utama di Gunung Sindoro lalu bermuara di Pantai Selatan Jawa. Berikut deretan fakta mengenai Progo.

1. Punya Hulu Sungai Banyak

Gambaran 3 Dimensi Sungai Progo, via fatwaramdani.files.wordpress.com

Memang hulu utama sungai ini berada di Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung. Setelah mengalir kebawah (selatan) sungai ini bergabung juga dengan anakan sungai yang berhulu di Gunung Merapi (Kali Krasak dan kali Bedog), Gunung Merbabu (Kali Elo), Gunung Sumbing (Kali Tangsi) dan Gunung Sijambul (Tingal).
Pola aliran anak-anak sungainya berbentuk radial, dan bermuara di sungai utama (Sungai Progo) yang memanjang dari arah utara ke selatan. Di bagian hilir, alur Sungai Progo berbelok-belok (meandering), dan di dekat muara banyak terdapat endapan yang berupa delta sungai.

2. Menantang Untuk Olahraga

Serunya Rafting Bersama Keluarga, Dok Pribadi
Sebagai sungai yang mempunyai aliran yang deras pastilah cocok untuk untuk olahraga arung jeram. Fitur Sungai Progo yang mempunyai banyak jeram, kelokan bervariasi, hambatan batu besar memperkaya tantangan olahraga arung jeram ini. Tapi bagi pemula jangan coba-coba mengarungi disini tanpa perlengkapan yang memadai. Cukup banyak penyedia jasa paket arung jeram yang berada di Progo daerah Magelang.

3. Terkenal daerah penambangan pasir

Kegiatan Tambang Pasir di Sungai Progo via jogja.tribunnews.com

Pasir dan batu adalah contoh golongan penambangan klasfikasi C. Yang artinya boleh ditambang oleh masyarakat. Sekarang sudah banyak penambang pasir di Kali ini sehingga pemerintah merekomendasikan wilayah tambang di sungai ini.
Semua proyek bangunan pasti butuh pasir. Entah untuk pembuatan beton, ngecor, plester dinding, keramik dan sebagainya. Kualitas pasir progo tak kalah bagusnya dengan pasir Merapi. Harganya berkisar 165 ribu untuk 1 dumptruck. Pasir progo berasal dari sisa-sisa erupsi yang mengendap di dinding sungai.
Bagaimana dengan jumlahnya ? tentu stok masih aman karena proses erosi dan pengendapan tidak mati apalagi masih ada erupsi gunung merapi yang aktif 5 Tahunan ini.

4.  Punya Ikan Khas (endemik)

Penampakan Ikan Melem via jagoanmancing.blogspot.com

Sungai Progo,  ikan melem punya jutaan hidup di sungai ini. Selain ikan melem di Sungai Progo, banyak jenis ikan lain diantaranya uceng, wader, tombro, nila, lele, balar, kepekan, mangur, beong, kekel, kotes (gabus), mas, palung (hampala) dan lainnya.
Khusus ikan melem, melem adalah sekeluarga dengan ikan mas bedanya punya mulut lebih kebawah dan fisik memanjang seperti ikan braskap. Ikan melem termasuk ikan yang hidupnya di arus yang deras. Spot di Jembatan Progo Bandongan misalnya para pemancing biasanya menggunakan lumut, biskuit krispi, atau mie untuk mencoba sensasi tarikan ikan melem ini.

5. Tempat Pembuangan Sampah Terbesar

Penampakan Miris Sampah Di Sungai via lsmpessat.blogspot.com

Pernah membuang sampah di sungai ? Sepele sih. Namun apabila satu individu mengesampingkan ah hanya satu bungkus makanan saja. Apabila dilakukan satu kampung, satu kecamatan, satu wilayah yang di aliri sungai ini ya sungai banjir, ikan mati bahkan ekologi rusak imbasnya ke kehidupan manusia lagi.
Hampir semua sampah mulai dari bungkus permen sampai segede kasur pun ada. Bahkan lebih parahnya ada industri yang mengalirkan limbahnya sebelum di filter ke sungai.  Akibatnya jelas hal-hal negatif seperti diatas itu.

6. Membantu Irigasi Pertanian



Selokan Mataram Bersumber Dari Progo via dolanotomotif.com
Kalinya yang besar membuat daerah di sekitar Kali Progo cocok untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Di Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, Belanda dahulu membendung Kali Progo untuk sarana irigasi bagi masyarakat Yogyakarta. Bendungan ini dikenal sebagai "Ancol Bligo" yang saat ini dijadikan sebagai tempat rekreasi memang cantik sih pemandangannya.

Aliran irigasi ini mengalir dari Ngluwar menuju ke arah timur membelah Kabupaten Sleman menuju Kabupaten Klaten dan dikenal sebagai Selokan Mataram atau Selokan Van Der Wijck.

2 Responses to "Ini Deretan Fakta Tentang Sungai Progo"

  1. bagus nih kulon progo jadi good option selain wisata alam bandung

    ReplyDelete
  2. Yang sangat membuat saya terkesan adalah sungai bawah tanah buatan yang melintasi Bligo.

    ReplyDelete